Monday, March 15, 2010

Khulafa' Al Rasyidin

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, perjuangan Rasulullah SAW
diteruskan oleh khulafâ’ al-râsyidîn, yaitu Abu Bakar al-Shiddîq RA, Umar bin KhattabRA, Utsman bin Affan RA, dan Ali bin Abi Thalib RA.
Alasan disebut dengan khulafâ’ al-râsyidîn adalah kerana kata khulâfâ’
berasal dari khalîfah yang bererti pengganti. Sedangkan râsyidin adalah yang
mendapatkan petunjuk. Jadi khulafâ’ al-râsyidîn adalah khalifah-kahlifah (penggantipengganti) Rasulullah SAW yang bererti mendapat bimbingan yang benar, kerana mereka melakasanakan tugas sebagai pengganti Rasulullah SAW menjadi ketua@pemimpin Negara Madinah dan sebagai pembantu rakyat dan wakil pelaksana mereka dalam mengelola negara.

Dalam meneruskan perjuanggan Rasulullah SAW, khulafâ’ al-râsyidîn telah
melakukan banyak sekali kebijaksanaan untuk membangkitkan@membangunkan perjuangan Islam. Salah satunya adalah KEADILAN. Ini KERANA keadilan adalah sangat penting bagi pembangunan umat Islam itu sendiri, melihat Nabi yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT sudah tidak ada lagi. Maka dari itu, konsep keadilan khulafâ’ al-râsyidîn sangatlah penting dalam sejarah pembentukan ‘Keadilan Islam’.

B. Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus masalah yang akan dibahas adalah
sebagai berikut:
1. Keadilan Islam pada zaman Khalifah Abu Bakar RA.
2. Keadilan Islam pada zaman Khalifah Umar RA.
3. Keadilan Islam pada zaman Khalifah Uthman RA.
4. Keadilan Islam pada zaman Khalifah Ali bin Abi Thalib RA.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Keadilan Islam Pada Masa Khalifah Abu Bakar RA

Saidina Abu Bakar al-Shiddîq RA, adalah pengganti Rasulullah SAW dalam hal
duniawi (pemerintahan) dan dalam hal ukhrawi (spiritual) yang hanya terbatas pada pemimpin agama, seperti imam solat, mufti, dan lain-lain yang bukan sebagai rasul yang mendapatkan wahyu.

Pada zaman Rasulullah SAW, hakim dijawat@dipegang oleh Rasulullah SAW sendiri. Bagi daerah yang jauh, beliau serahkan kursi hakim kepada para sahabat. Misalnya, Ali bin Abi Thalib pernah ditugaskan menjadi hakim di Yaman. Begitu juga dengan sahabat Mu’âdz bin Jabal untuk menjadi gabenor dan hakim di Yaman. Sumber hukum yang dipakai Rasulullah SAW adalah Alquran dan wahyu kerasulan. Selanjutnya, Rasulullah SAW mengizinkan para sahabat memutuskan perkara sesuai dengan ketetapan Allah, Sunnah Rasul, ijtihad@ijmak atau qiyas. Ini
dibuktikan dengan hadis Mu’âdz bin Jabal tatkala beliau diangkat menjadi gabenor dan hakim di Yaman:


أَنّ رَسُولَ الِّ صَلّى الُّي عَلَيْيهِ وَسَيلّمَ حِيينَ بَعَثَيهُ إِلَيى الْيَمَينِ فَقَيالَ كَيْيفَ
تَصْنَعُ إِنْ عَرَضَ لَكَ قَضَاءٌ قَالَ أَقْضِي بِمَا فِي كِتَابِ الِّ قَالَ فَإِنْ لَمْ يَكُنْ
فِي كِتَابِ الِّ قَالَ فَبِسُنّةِ رَسُولِ الِّ صَلّى الُّ عَلَيْهِ وَسَلّمَ قَالَ فَإِنْ لَمْ يَكُيينْ
فِي سُنّةِ رَسُولِ الِّ صَلّى الُّ عَلَيْيهِ وَسَيلّمَ قَيالَ أَجْتَهِيدُ رَأْيِيي لَ آلُيو قَيالَ
فَضَرَبَ رَسُولُ الِّ صَلّى الُّ عَلَيْهِ وَسَلّمَ صَدْرِي ثُمّ قَالَ الْحَمْدُ لِِّيي الّييذِي
وَفّقَ رَسُولَ رَسُولِ الِّ صَيلّى الُّي عَلَيْيهِ وَسَيلّمَ لِمَيا يُرْضِيي رَسُيولَ الِّي
صَلّى الُّ عَلَيْهِ وَسَلّمَ

(Sesungguhnya Rasulullah SAW pada saat mengutusnya (Mu’âdz bin
Jabal) ke Yaman, Rasul berkata padanya: “Bagaimana kamu
melakukan ketika kamu hendak memutus perkara?” Mu’âdz pun
menjawab: “Aku memutus dengan apa yang terdapat di dalam kitab
Allah”. Lalu Rasul bertanya: “Kalau tidak terdapat di dalam kitab
Allah?” Mu’âdz menjawab: “Maka dengan memakai sunnah
Rasulullah SAW”. Lalu Rasul bertanya: “Seumpama tidak ada di 2
sunnah Rasulullah?” Mu’âdz menjawab: “Aku berijtihad sesuai
dengan pemikiranku bukan dengan nafsuku”. Lalu Rasulullah SAW
menepuk dada Mu’âdz, dan Rasul bersabda “Segala puji bagi Allah
yang telah dikurniakan kerasulan Rasullullah pada apa yang diridai
Allah terhadap Rasulullah”.)
Pada saat Abu Bakar RA menggantikan Rasulullah SAW, beliau tidak merubah
sistem peradilan yang berlaku pada zaman Rasulullah SAW. Ini kerana beliau
sibuk menegakkan hukum Islam dengan memerangi kemurtadan, orang-orang
muslim yang enggan membayar zakat, dan lain-lain perkara yang berhubungan
dengan politik dan hukum. Malahan, pada zaman itu peradilan dikuasai oleh khalifah sendiri, dan kadangkadang khalifah memberi kuasa kepada orang lain untuk menjadi hakim seperti yang dilakukan Rasulullah SAW. Perkara ini berlaku sampai pada awal kekhalifahan Umar bin al-Khattab. Jadi, pada zaman itu, belum ada pemisahan antara tiga jenis kekuasaan; Doktor ‘Athiyyah Mushthofâ Musyrafah menukil dari Syaikh Muhammad Bakhît al-Muthî’î di dalam kitabnya yang berjudul; Hakîkat al-`Islâmi wa `Ushûl al-
Hukm:
"... وفي خلفة أبي بكر تولى عمر بين الخطياب القضياء فكيان أول قياض فيي
السلم للخليفة"

(... dan pada kekhalifahan Abu Bakar, beliau (Abu Bakar)
mengangkat Umar bin al-Khatthâb sebagai hakim, maka adanya
Umar adalah awal-awalnya hakim di dalam Islam bagi khalifah)
Menurut Doktor ‘Athiyyah, pendapat al-Muthî’î ini tidak dapat dibenarkan. Ini
Disebabkan Umar adalah khalifah yang paling awal menentukan para hakim yang dikhususkan untuk menjadi hakim bagi pertikaian yang terjadi di antara manusia. Sedangkan Abu Bakar RA hanya mewakilkannya kepada Umar bin al-Khattab kadang-kadang untuk melihat bahan-bahan agar dicarikan inti pertikaiannya. Hanya saja, kekuasaan yudisial(kehakiman) ini tidak dimiliki Umar secara khusus, Umar juga tidak disebut hakim pada zaman Khalifah Abu Bakar RA. Umar juga tidak hanya bertugas sebagai hakim kadang-kadang, malahan Umar mendapatkan tugas menjadi imam dan lainnya.

Pada saat Umar menjawat jawatan sebagai hakim selama lebih kurang dua tahun, tidak ada seorangpun yang datang berperkara. Ini kerana sahabat yang mengerti bahwa Umar adalah orang yang sangat tegas, dan pada saat itu orang-orang masih bersifat wara’, baik, serta bertoleransi sehingga berusaha untuk menolak terjadinya pertikaian dan pendendaman.

Abu Bakar RA membagi Jazirah Arab menjadi beberapa wilayah. Beliau
melantik pada setiap wilayah tersebut seorang pemimpin (amîr) yang ada
sebelumnya. Amîr ini memimpin solat, menjadi hakim bagi perkara yang diangkat
padanya, begitu juga melaksanakan hudûd. Oleh sebab itu, Abu Bakar RA memberi setiap amîr tersebut ketiga-ketiga kekuasaan pemerintahan.
Cara Abu Bakar menghukumi sesuatu permasalahan adalah seperti apa yang
dilakukan Rasulullah SAW sebelumnya. Setiap masalah selalu dirujuk pada Alquran dulu. Apabila tidak ada barulah beliau merujuk pada sunnah Nabi Muhammad SAW, atau keputusan yang pernah diambil Rasulullah SAW. Jika sunnah tidak ada, beliau bertanya kepada sahabat lain apakah ada yang tahu sunnah yang berkaitan dengan masalah ini. Seumpama ditemukan, maka beliau mengambilnya setelah mencari kebenaran tersebut. Seumpama tidak ditemukan hukum untuk masalah ini di dalam Alquran dan sunnah, beliau berijtihad(berbincang) secara bersama-sama dengan sahabat lain
(`ijtihâd jamâ’î) kalau memang masalah tersebut berhubungan langsung atau terus dengan hukum masyarakat. Beliau akan berijtihad secara sendiri (`ijtihâd fardî) bagi masalah-masalah yang berhubungan dengan perseorangan.
Walaupun Rasulullah SAW menetapkan kebolehan melakukan ijtihad dengan
pemikiran rasional seseorang dan qiyas, Khalifah Abu Bakar RA enggan
memakainya kecuali sedikit saja. Ini kerana beliau takut terjadi kesalahan di
dalam hukum, sehingga beliau tidak menggalakkan seseorang untuk memberi fatwa kepada orang lain yang kurang arif. Beliau malah pernah berkata
ketika berfatwa dengan memakai pemikirannya dan qiyas: “Ini adalah pendapatku, apabila ia adalah benar, maka ia adalah dari Allah, apabila ia adalah salah, maka ia datang dariku. Aku memohon ampun kepada Allah”. 4

B. Keadilan Islam Pada Masa Khalifah Umar bin Khattab

Setelah wafatnya Abu Bakar RA, kekhalifahan dipegang Saidina Umar bin al-
Khattab RA. Pada saat ini, daerah Islam semakin luas. Tugas-tugas pemerintahan dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi semakin rumit. Khalifah Umar RA juga mulai sibuk dengan peperangan yang berlaku antara negara Islam dengan Parsi dan Romawi. Dengan semua kesibukan ini, Umar tidak sempat untuk menyelesaikan semua masalah peradilan. Maka dari itu, beliau memutuskan untuk mengangkat
hakim yang berada di luar kekuasaan eksekutif. Ini adalah pertama kali pemisahan
antara kekuasaan eksekutif dan yudikatif terjadi.
Umar mengangkat Abu Dardâ’ untuk menjadi hakim di Madinah. Syuraih di
Bashrah, sedangkan Abu Musa al-Asy’ari di Kufah, Utsman Ibn Qais Ibn Abi al-‘Âsh di Mesir, sedangkan untuk Syam pula diberi hakim tersendiri. Akan tetapi menurut kitab Târîkh al-`Islâm al-Siyâsî, Abu Musa menjadi hakim di masa Umar hanya untuk Bashrah saja, sedang Pengadilan di Kufah diserahkan kepada Syuraih. Di masa Utsman barulah Abu Musa menjadi hakim di Kufah.
Dalam pemisahan yang dilakukan Umar RA adalah pemisahan yang
sesungguhnya, sehingga kekuasaan eksekutif benar-benar dapat diadili oleh
kekuasaan. Ini dibuktikan dengan sebuah riwayat bahwa; suatu ketika Umar
RA mengambil seekor kuda untuk ditawar. Maka beliau menunggangnya untuk
mencobanya. Lalu kuda tersebut rusak. Lelaki itupun bertikaian dengan Umar. Umar RA berkata: “Ambillah kudamu!”. Lelaki yang memiliki kuda pun menjawab: “Aku tidak mau menggambilnya, kuda itu sudah rusak!”. Umar pula berkata: “Kamu harus mencari orang tengah pada apa yang berlaku antara aku dan kamu”. Lelaki itu berkata: “Aku rida dengan Syuraih dari Irak”. Pada saat dibawa pada Syuraih, Syuraih berkata: “Kamu mengambilnya dalam keadaaan sehat dan selamat, maka kamulah yang menggantinya sampai kamu memulangnya dalam keadaan sehat dan selamat”. Lalu Umar berkata: “Aku sungguh kagum dengannya, maka aku pun mengutusnya menjadi hakim”. Lalu Umar berkata pada Syuraih: “Apabila telah jelas bagimu sesuatu melalui Alquran, maka jangan kamu pertanyakan lagi. Seumpama tidak jelas apa yang ada di Alquran, maka carilah sunnah. Seumpama kamu tidak menemuiya di sunnah, berijtihadlah memakai rasio kamu!”. Menurut Doktor ‘Athiyyah, peradilan pada masa Khalifah Umar RA adalah sesuatu yang mudah, luas, serta bebas dari pentadbiran yang banyak seperti yang dapat disaksikan sekarang ini. Hakim pada masa itu tidak memerlukan penulis, juga
sekretari. Pada masa itu juga tidak diperlukan untuk mengkanunkan hukum-hukum peradilan, kerana semua hukum keluar di balik hati seorang hakim. Hukum acara juga tidak diperlukan. Ini kerana peradilan masih berada pada awal-awalnya dilahirkan. Belum ada pemikiran untuk ke situ. Selain dari itu, hakim juga adalah sebagai pelaksana hukum, dalam erti mereka juga adalah sebagai penulis, bukan hanya pemutus hukum.Sumber hukum yang dipakai Umar RA adalah sama seperti Abu Bakar RA.Beliau memakai Alquran, lalu sunnah Nabi. Sempama tidak ada, beliau melihat apakah Abu Bakar RA pernah memutuskan hal serupa. Seumpama tidak ada barulah memanggil para tokoh untuk dimusyawarahkan. Kalau ada kesepakatan, barulah
diputuskan. Khalifah Umar RA juga pernah memiliki sebuah pedoman bagi hakim agung dalam menjalankan peradilan serta dasar-dasar pokok.
Seperti yang dicatat oleh Imam al-Mâwardî di dalam kitabnya yang berjudul al-Ahkâm al- Sulthâniyyah wa al-Wilâyât al-Dîniyyah:

وَقَدْ اسْتَوْفَى عُمَرُ بْنُ الْخَطّابِ رضي ال عنه فِي عَهْدِهِ إلَى أَبِي مُوسَيى الَْشْيعَرِيّ
شُرُوطَ الْقَضَاءِ وَبَيّنَ أَحْكَامَ التّقْلِيدِ فَقَالَ فِيهِ : أَمّا بَعْدُ , فَإِنّ الْقَضَاءَ فَرِيضَةٌ مُحْكَمَةٌ
وَسُنّةٌ مُتّبَعَةٌ , فَافْهَمْ إذَا أُدْلِيَ إلَيْكَ , فَإِنّهُ لَ يَنْفَيعُ تَكَلّيمٌ بِحَيقّ لَ نَفَياذَ لَيهُ , وَآسِ بَيْينَ
النّاسِ فِي وَجْهِكَ وَعَيدْلِكَ وَمَجْلِسِيكَ حَتّيى لَ يَطْمَيعَ شَيرِيفٌ فِيي حَيْفِيكَ وَلَ يَيْيأَسَ
ضَعِيفٌ مِنْ عَدْلِكَ . الْبَيّنَةُ عَلَى مَنْ ادّعَى وَالْيَمِينُ عَلَى مَنْ أَنْكَيرَ ; وَالصّيلْحُ جَيائِزٌ
بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ إلّ صُيلْحًا أَحَيلّ حَرَامًيا أَوْ حَيرّمَ حَلَلً ; وَلَ يَمْنَعُيكَ قَضَياءٌ قَضَييْتَهُ
أَمْسِ فَرَاجَعْتَ الْيَوْمَ فِيهِ عَقْلَكَ وَهُدِيتَ فِيهِ لِرُشْدِكَ أَنْ تَرْجِعَ إلَى الْحَيقّ فَيإِنّ الْحَيقّ
قَدِيمٌ , وَمُرَاجَعَةُ الْحَقّ خَيْرٌ مِنْ التّمَادِي فِي الْبَاطِيلِ ; الْفَهْيمَ الْفَهْيمَ فِيمَيا تَلَجْلَيجَ فِيي
صَدْرِكَ مِمّا لَيْسَ فِي كِتَابِ الِّ تَعَالَى وَلَ سُنّةِ نَبِيّهِ , ثُمّ اعْرِفْ الَْمْثَيالَ وَالَْشْيبَاهَ ;
وَقِسْ الُْمُورَ بِنَظَائِرِهَا , وَاجْعَلْ لِمَنْ ادّعَى حَقّيا غَائِبًيا أَوْ بَيّنَيةً أَمَيدًا يَنْتَهِيي إلَيْيهِ ,
فَمَنْ أَحْضَرَ بَيّنَةً أَخَذْتَ لَهُ بِحَقّهِ وَإِلّ اسْتَحْلَلْتَ الْقَضِيّةَ عَلَيْهِ , فَإِنّ ذَلِكَ أَنْفَيى لِلشّيكّ
وَأَجْلَى لِلْعَمَيى ; وَالْمُسْيلِمُونَ عُيدُولٌ بَعْضُيهُمْ عَلَيى بَعْيضٍ إلّ مَجْلُيودًا فِيي حَيدّ أَوْ
مُجَرّبًا عَلَيْهِ شَهَادَةُ زُورٍ أَوْ ظِنّينًيا فِيي وَلَءٍ أَوْ نَسَيبٍ , فَيإِنّ الَّي عَفَيا عَينْ الَْيْمَيانِ
6
وَدَرَأَ بِالْبَيّنَاتِ . وَإِيّاكَ وَالْقَلَقَ وَالضّجَرَ وَالتّأَفّفَ بِالْخُصُومِ فَإِنّ الْحَييقّ فِييي مَييوَاطِنِ
الْحَقّ يُعَظّمُ الُّ بِهِ الَْجْرَ وَيُحْسِنُ بِهِ الذّكْرَ , وَالسّلَمُ .

Dikerana peradilan adalah sebahagian dari hak & kekuasaan umum, maka yang memiliki kekuasaan ini (kepala negara) yang dapat menentukan hak hakim dalam wilayah tertentu, dan tidak pada lainnya. Oleh karena itu, Umar bin al-Khattab pada saat beliau menentukan seseorang untuk menjadi hakim, beliau membatasi wilayah wewenang mereka hanya pada hal-hal pertikaian perdata saja. Sedangkan permasalahan jenayah dan yang berhubungan dengannya seperti qishâsh, atau hudûd itu tetap dipegang pemimpin negara, yaitu khalifah sendiri atau penguasa daerah.

C. Keadilan Islam Pada Masa Khalifah Uthman bin Affan

Setelah Khalifah Umar bin al-Khattab RA meninggal dengan dibunuh, maka
kursi kekhalifahan dipegang oleh Saidina Utsman bin Affan RA dengan dilantik oleh rakyat. Khalifah Utsman adalah orang yang MENGKANUNKAN Alquran setelah pengumpulan yang dilakukan Abu Bakar RA atas usulan Umar RA.
Sistem pengadilan pada zaman beliau adalah sama seperti yang telah diatur
Umar RA, karena beliau tinggal meneruskan saja sistem Umar RA yang sudah tertata rapi.Salah satu perubahan penting bagi pengadilan Islam pada zaman Khalifah Utsman bin Affan RA adalah dibangunnya bangunan khusus yang digunakan untuk peradilan negara Islam. Sebelum Khalifah Utsman RA, masjid adalah tempat untuk berperkara. Utsman juga mengirim pesan-pesan kepada para pemimpin di daerah lain, petugas menarik pajak, dan masyarakat muslim secara umum untuk menegakkan kelakuan baik dan mencegah dari kemungkaran. Beliau memesan kepada petugas menarik pajak untuk menarik pajak dengan adil dan jujur. Beliau memberi nasihat khusus kepada petugas pajak dengan kata-kata berikut ini:

أميا بعيد, فيإن الي خليق الخليق بيالحق فل يقبيل إل الحيق خيذوا الحيق
وأعطوا الحق والمانة المانة قوموا عليها ول تكونوا أول ميين يسييلبها
فتكونوا شركاء من بعدكم الوفاء الوفاء ل تظلموا اليتيم ول المعاهد فإن
ال خصم لمن ظلمهم .

Dalam memberi hukum, Utsman memakai Alquran, sunnah, lalu pendapat
khalifah sebelumnya. Kalau tidak ditemukan, beliau akan bermusyawarah dengan para sahabat.

D. Keadilan Islam Pada Masa Khalifah Ali bin Abi Thalib

Setelah meninggalnya Utsman RA, Saidina Ali bin Abi Thalib RA menjawat
sebagai khalifah. Beliau tidak melakukan perubahan di dalam peradilan. Beliau juga berpegang pada Alquran, sunnah, lalu merujuk pada khalifah sebelumnya. Seumpama tidak ditemui, baru beliau bermusyawarah dengan sahabat yang lain berdasarkan pada ayat: { .{وشاورهم في المر
Sesuai dengan khalifah sebelumnya, Khalifah Ali bin Abi Thalib RA juga
membayar gaji para hakim dengan memakai wang yang ada di Bait al-Mâl.
Selain dari itu, dalam usaha Khalifah Ali RA meningkatkan kualiti keadilan
Islam, beliau memberi nasihat kepada Gabenor Mesir dalam penentuan orang-orang yang akan diangkat menjadi hakim. Di dalam pengarahan itu, ditekankan agar penguasa memilih orang-orang yang akan menjadi hakim dari orang-orang yang dipandang utama oleh penguasa sendiri, jangan dari orang-orang yang berpenghidupan sempit,
jangan dari orang-orang yang tidak mempunyai wibawa dan jangan pula dari orang-orang yang loba kepada harta dunia, di samping mempunyai ilmu yang luas, otak yang cerdas, daya kerja yang sempurna.
Khalifah Ali bin Abi Thalib telah banyak memberi hukum atau fatwa yang
dijadikan hukum oleh orang-orang setelahnya. Salah satu kemusykilan hukum yang diselesaikan Ali RA adalah apabila ada seorang isteri yang mana suaminya meninggal dunia sebelum suami tersebut menjimak isterinya. Sedangkan suami tersebut belum
menyerahkan mas kawin kepada isteri tersebut. Maka Ali RA menghukumi bahwa tidak ada hak bagi isteri tersebut mas kawin yang sepadan ( مهيير المثييل ), kerana diqiyaskan pada wanita yang tertalak. Ini berdasarkan pada firman Allah SWT:

.”لَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِنْ طَلّقْتُمُ النّسَاءَ مَا لَمْ تَمَسّوهُنّ أَوْ تَفْرِضُوا لَهُنّ فَرِيضَةً“

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan

Setelah membahas secara mendalam, maka kesimpulan yang didapatkan adalah sebagai berikut:
1. Pada masa kekhalifahan Abu Bakar RA, beliau tidak melakukan perubahan
sistem peradilan seperti yang telah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW.
2. Khalifah Umar bin al-Khattab RA adalah khalifah yang pertama kali memisah kekuasaan kebebasan dari eksekutif. Beliau juga membuat sebuah rang undang-undang yang dibuat pegangan bagi para hakim agung.
3. Uthman bin Affan RA tidak banyak melakukan perubahan sistem keadilan dari apa yang ditinggalkan Umar RA. Utsman adalah khalifah yang pertama kali membangun gedung khusus untuk keadilan Islam.
4. Ali bin Abi Thalib RA memberi arahan kepada pemimpin-pemimpin daerah
bagi kreteria orang yang layak untuk diangkat menjadi hakim.

No comments:

Post a Comment